Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Metode Pembayaran yang Umum Dipakai Saat Transaksi Online


Transaksi secara online merupakan salah satu hal yang sudah cukup umum dilakukan beberapa tahun belakangan ini. Apalagi ketika memasuki masa pandemi seperti sekarang volume transaksi online tentunya meningkat cukup pesat. 

Dalam melakukan transaksi online ini baik itu kita sebagai penjual ataupun pembeli ada beberapa hal penting yang sebaiknya patut kita jadikan perhatian. Salah satunya tentu adalah soal metode pembayaran yang dilakukan ketika bertransaksi.


Ada beberapa metode pembayaran yang biasa orang pakai ketika melakukan transaksi online ini. Dan tentunya masing masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Beberapa metode tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


  • Transfer Bank, metode pembayaran dengan menggunakan transfer ke rekening bank ini merupakan salah satu metode pembayaran yang paling populer dilakukan. Transfer ini bisa dilakukan baik dengan menggunakan internet banking, lewat atm, setor tunai maupun menggunakan beberapa cara lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembayaran dengan menggunakan metode ini selain soal nominal yang ditransfer juga soal nomor rekening tujuan serta kode bank jika memang bank tujuan transfer ini berbeda dengan bank pengirim. Pastikan nomor rekening yang ditransfer sudah sesuai  dan benar sehingga tidak terjadi salah transfer. 

  • E wallet, salah satu metode pembayaran yang juga tengah ngetren beberapa waktu belakangan ini adalah dengan menggunakan transaksi cashless seperti menggunakan e wallet misalnya. Beberapa e-wallet populer yang biasa dipakai untuk transaksi online ini misalnya adalah ovo, gopay, dana, linkaja, shopeepay dan lain sebagainya. Penggunaan metode pembayaran ini cukup memudahkan bagi kita karena biasanya pembayaran bisa dilakukan secara instan. Dan lagi dengan adanya e wallet serta payment gateway yang ada kita tak perlu lagi kesusahan menghafal nomor rekening serta kode bank untuk melakukan pembayaran.

  • COD, salah satu metode yang juga banyak dipakai oleh orang orang adalah metode pembayaran dengan cara COD (cash on delivery) yang artinya pembayaran dilakukan langsung setelah barang sampai. Cara ini biasa dipilih oleh mereka yang tidak mempunyai rekening bank atau e wallet untuk bertransaksi.

  • Lewat Convenience store, cara lain yang juga bisa dipakai untuk melakukan pembayaran belanja online yang bisa dilakukan oleh mereka yang tak punya rekening bank adalah dengan melakukan pembayaran lewat convenience store seperti minimarket misalnya. Akan tetapi tak semua pembayaran transaksi online bisa dilakukan dengan metode ini dan tak semua minimarket melayani pembayaran ini.


Plaas 'n opmerking for "Beberapa Metode Pembayaran yang Umum Dipakai Saat Transaksi Online"