Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jumlah Dosis Kaporit Untuk Kolam Renang

Saat seseorang pemilik kolam renang melakukan perawatan air kolam dengan menggunakan bahan kimia. Tentunya jumlah dan dosis menjadi salah satu hal yang banyak dipertanyakan. Untuk bisa memperoleh nilai atau kadar yang sesuai dengan kebutuhan dalam hal ini kaporit untuk kolam renang.

Anda harus melakukan penimbangan serta memperhatikan beberapa faktor. Terlepas dari volume air yang ada di kolam renang, faktor-faktor tersebut bisa berpengaruh terhadap efektivitas kinerja kaporit yang ditambahkan pada air kolam renang.

Jika kalian ingin membuat kolam renang, kalian bisa menggunakan kontraktor kolam renang Surabaya Salsabila Jasa Qila dalam membantu pembangunan kolam renang.

Suhu Air 

Secara tidak langsung, suhu air yang terdapat pada kolam renang juga akan berpengaruh terhadap dosis kaporit yang akan dibutuhkan. Bila air yang ada di dalam kolam renang hangat, tentunya anda membutuhkan lebih banyak klorin atau kaporit.

Luas dan Volume 

Volume air dan luas permukaan kolam renang juga akan berpengaruh terhadap jumlah kaporit yang harus ditambahkan pada kolam renang. Jika kolam renang tersebut memiliki volume besar, tentu akan besar pula chemical berupa kaporit yang dibutuhkan.

Seiring dengan semakin luasnya bagian permukaan kolam renang itu berarti juga akan semakin besar penguapan air karena sinar matahari. Sehingga ini akan lebih cepat menguraikan kaporit yang terdapat di dalam air kolam. Dengan demikian, bisa disimpulkan semakin besar volume air kolam serta semakin luas permukaan kolam renang membutuhkan jumlah kaporit yang semakin banyak. Hal ini merupakan rekomendasi dari Sebagian besar kontraktor kolam renang.  

Cahaya Matahari

Kaporit akan mudah terurai karena sinar matahari ketika belum stabil, terekspos atau terpapar sinar matahari langsung. Sebenarnya sinar matahari bisa menjadi faktor utama yang akan membuat kaporit yang ada di kolam renang cepat terurai serta turun tingkatannya dalam hitungan jam saja.

Itu artinya, bila kolam renang yang dimiliki menerima paparan sinar matahari langsung, maka anda membutuhkan lebih banyak kaporit ketika menambahkannya ke dalam kolam renang.

Kadar Cyanuric Acid

Tadi sudah dijelaskan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kadar kaporit yang ada di dalam kolam adalah terekspos nya dengan sinar matahari langsung. Maka faktor yang atau mengurangi penguraian kaporit yang diakibatkan oleh sinar matahari adalah buffer. Kadar cyanuric acid atau buffer ini merupakan senyawa yang banyak digunakan sebagai stabilizer atau penstabil. Fungsinya mengikat, sehingga chlorine tidak terurai dengan matahari.

Tentu saja kolam renang anda akan butuh senyawa ini khususnya jika anda memiliki kolam

Plaas 'n opmerking for " Jumlah Dosis Kaporit Untuk Kolam Renang"